Tidur setelah sahur baiknya cukup 2 jam saja

Tidur setelah sahur baiknya cukup 2 jam saja

Sebab dikerjakan waktu tidur masih nyenyak-nyenyaknya, tidak jarang orang kembali tidur setelah bersantap sahur. apalagi banyak pula yang sesudah itu tidur hingga hari menyambut siang. supaya efektif menambah energi waktu puasa, tidur habis sahur baiknya dikerjakan mulai 2 jam saja.

tidur berperan buat mengistirahatkan serta mengembalikan manfaat tubuh sesudah beraktifitas seharian. supaya badan terus sehat, biasanya orang membutuhkan sepertiga waktunya dalam 1 hari untuk tidur. tetapi lama waktu tidur ini dapat berrvariasi pada tiap orang.

biasanya orang membutuhkan waktu tidur mulai 4 – 11 jam tiap hari, tergantung pada rutinitas serta karakteristik genetiknya. menurut sesuatu penelitian yang dikerjakan di turki, 75 persen orang tidur mulai 7 – 8 jam 1 hari. tetapi saat puasa ramadhan, lama waktu tidur ini mesti terputus oleh makan sahur.

“gangguan tidur bisa dialami mulai bln. ramadhan akibat jam makan sahur yang kadang-kadang menyela waktu tidur. supaya badan terus energik, tidur 2 jam selepas sahur telah cukup untuk tubuh. tidur semakin lama bakal mempunyai dampak negatif pada kinerja tubuh di siang hari, ” kata dr abdullah Özkardeş ;, spesialis neurologi di memorial Ş ;iş ;li hospital, turki layaknya dilansir today’s zaman, minggu ( 22/7/2012 ).

tak hanya itu, makanan serta minuman yang dikonsumsi mulai ramadhan pula mempengaruhi perilaku tidur. menurut dr abdullah, orang yang mengonsumsi banyak teh serta kopi saat berbuka puasa serta sahur dengan harapan bakal jadi energik sepanjang hari justru bakal sering jadi lekas marah serta kuatir.

perubahan waktu makan sebab sahur serta buka puasa pula turut mempengaruhi pola tidur. biasanya orang memerlukan waktu yang semakin lama untuk jatuh tidur mulai bln. ramadhan hingga bakal mengurangi lama tidur dengan keseluruhan.

“perubahan ini mengakibatkan orang terbangun dengan perasaan lelah. pada gilirannya, perihal ini bakal mengakibatkan kantuk serta mengganggu konsentrasi di siang hari. penderita gangguan tidur mulai ramadhan ini pula mengeluhkan permasalahan yang sama sebab mengonsumsi kopi serta teh dengan berlebihan, ” kata dr abdullah.

oleh sebab itu, dr abdullah menyarankan supaya teh serta kopi baiknya dikonsumsi sesedikit barangkali saat habis puasa. buat mengurangi permasalahan tidur serta dampak negatifnya di bln. ramadhan, upayakan supaya terus tidur dengan lama waktu yang sama layaknya hari biasa.

berkurangnya lama waktu tidur atau terjadinya perubahan pola tidur bisa mempengaruhi manfaat tubuh sehari-hari. bila jadi lelah, gampang marah, pelupa atau sukar konsentrasi, dapat menjadi gangguan ini dikarenakan oleh permasalahan tidur serta lapar.

“jika sangat mungkin, cobalah untuk beristirahat serta bersantai sejenak pada satu waktu, ” pungkas dr abdullah.

No comments: