Alasan Bayi di bawah 6 bln. tidak Boleh Kena Sinar Matahari Langsung

Bayi di bawah 6 bln. tidak bisa kena sinar matahari langsung
Bayi mempunyai kondisi fisik yang amat rapuh, berlainan dengan orang dewasa. oleh sebab itu, bayi mesti diberi perlakuan istimewa, diantaranya merupakan dijaga dari paparan sinar matahari langsung. tidak sebatas sensitif terhadap sinar matahari, kulit bayi pula sensitif terhadap tabir surya.

kulit bayi mempunyai sedikit melanin, pigmen yang berikan warna pada kulit, rambut serta mata. pigmen ini mempunyai manfaat melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. oleh sebab itu, bayi amat rentan terhadap dampak merusak matahari.

lembaga yang mengatur peredaran bahan obat serta makanan di amerika serikat, food and drug administration ( fda ), merekomendasikan supaya bayi di bawah usia 6 bln. tak dipakaikan tabir surya di kulitnya.

"pendekatan paling baik yaitu menjaga bayi di bawah 6 bln. supaya tak terpapar sinar matahari langsung, terpenting pada pukul 10. 00 - 14. 00 saat sinar ultravioletnya sangat intens, " kata hari cheryl sachs, seorang dokter anak di fda layaknya dilansir los angeles times, sabtu ( 30/6/2012 ).

menurut sachs, bayi tak bisa diberikan tabir surya sebab kulitnya semakin tipis hingga bahan kimia dalam tabir surya semakin gampang diserap. bayi pula mempunyai permukaan tubuh semakin banyak dibanding dengan berat badannya, apalagi bila dibanding dengan orang dewasa. artinya, paparan bahan kimia yang banyak dalam tabir surya berisiko menyebabkan peradangan atau reaksi alergi.

"perlindungan paling baik untuk bayi merupakan tempat yang teduh. namun bila tak ada tempat yang teduh, sedikit tabir surya dengan spf sekurang-kurangnya 15 bisa dipakai pada daerah-daerah kecil layaknya pipi, " kata sachs.

tabir surya yang dipakai pula baiknya yang tak mengandung mengandung deet pengusir serangga. american academy of pediatrics menyarankan supaya bayi dikenakan celana panjang yang mudah, kemeja lengan panjang serta topi yang bisa meneduhkan sehingga bagian leher.

sengatan sinar matahari terik pada bayi menambah risiko terserang melanoma yang bisa berkembang jadi kanker kulit 2 kali lipat. menurut salah satu penelitian di as, 54 persen anak-anak terbakar matahari di musim panas.

bila mau mengajak bayi jalan-jalan, baiknya lakukan sebelum pukul 10 siang atau sore hari sesudah jam 4 sore. tidak lupa manfaatkan kereta bayi dengan pelindung matahari. sesudah berusia 6 - 12 bln., barulah bayi bisa dipakaikan tabir surya.

No comments: