Ada bahaya di balik makanan sehari-hari ini

Ada bahaya di balik makanan sehari-hari ini

Tidak asal saat pilih makanan. makanan yang tampaknya sehat serta lezat, dapat menjadi menempatkan anda pada risiko kesehatan sebab kontaminasi bakteri berbahaya. lebih dari satu makanan sehat, nyatanya mempunyai risiko terhadap penyakit.

tersebut 10 makanan lezat yang mempunyai risiko terhadap kesehatan layaknya dilansir ivillage, rabu ( 25/7/2012 ) :

1. telur ayam

telur ayam adalah sumber protein yang sehat serta diperlukan oleh tubuh. namun center for science in the public interest pada th. berapa kali mulai th. 1990 hingga 2006, melaporkan yaitu telur dianalisis mengandung wabah penyakit bawaan makanan.

bakteri salmonella yang umumnya menetap dalam saluran usus hewan serta burung, adalah penyebab terbesar dari kontaminasi telur. namun fda ( food and drug administration ) menyebutkan yaitu risiko tersebut bisa diminimalisir dengan cara pembelian, penyimpanan serta pengolahan telur yang tepat.

simpan telur dalam lemari pendingin serta masak telur hingga betul-betul masak. jauhi pula penggunaan telur mentah dalam resep makanan, layaknya saat buat kue.

2. sayuran hijau

barangkali sukar diakui bila sayuran hijau popular layaknya selada, bayam, kangkung serta kol bisa menyebabkan risiko kesehatan. produksi, penanganan serta persiapan yang tak benar bisa mengakibatkan kontaminasi dari bakteri e. coli, norovirus serta salmonella.

pada th. 2010 beredar kasus tercemarnya selada oleh bakteri e. coli serta berkenaan dengan sekurang-kurangnya 19 kasus penyakit di new york, michigan, serta ohio. cucilah sayuran hijau terlebih dahulu sebelum dimasak dengan merendamnya menyeluruh dalam air.

3. tuna

bila tuna serta ikan segar berikutnya tak disimpan atau didinginkan dalam kondisi yang benar, dapet melepas racun alami, layaknya scombrotoxin. mengonsumsi terhadap ikan tuna yang tak disimpan dengan tepat pula bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan norovirus serta salmonella.

simpanlah ikan tuna dalam kondisi dingin atau letakkan di atas es. suhu normal ruangan bisa menyebabkan risiko pertumbuhan bakteri.

4. tiram

fda pernah memperingatkan yaitu mengonsumsi tiram yang tak diolah dengan tepat bisa menempatkan anda pada kontaminasi norovirus yang bisa mengakibatkan gastroentritis serta peradangan usus. tak hanya itu pula berisiko kontaminasi bakteri vibrio yang berbahaya serta bisa mengakibatkan penyakit kronis.

supaya anda bisa menikmati makanan ini dengan aman, masaklah tiram sehingga betul-betul masak. tiram mentah atau setengah masak bisa menyebabkan risiko kesehatan. simpan tiram dalam keadaan dingin di kulkas supaya bakteri tak bisa tumbuh serta berkembang.

5. kentang

bakteri salmonella, e. coli, shigella serta listeria sangat sering dikaitkan pada wabah penyakit dalam kentang. bakteri tersebut berkembang dalam kulit kentang. walau kentang kaya bakal vitamin bila dimakan berbarengan kulitnya, jauhi risiko kesehatan yang ditimbulkannya mengupas bersih kentang sebelum diolah.

6. keju

keju serta produk susu yang tak dipasteurisasi berisiko terhadap tercemarnya produk terhadap bakteri penyebab listeriosis, yaitu infeksi yang sering terjadi pada bunda hamil serta mengakibatkan keguguran. yakinkan anda pilih keju yang telah dipasteurisasi buat menghindari risiko tersebut.

7. es krim

es krim olahan tempat tinggal tangga umumnya memakai telur mentah atau kurang masak yang bisa menempatkan anda dari kontaminasi bakteri salmonella serta staphylcoccus. layaknya keju yang tak dipasteurisasi, es krim tersebut pula bisa mengakibatkan permasalahan untuk wanita hamil yang semakin rentan terhadap ancaman listeriosis.

berhati-hatilah saat makan es krim buatan sendiri atau industri tempat tinggal tangga. es krim yang dijual di toko-toko biasanya relatif aman sebab memperhatikan komposisi bahan dengan tepat supaya memuaskan pelanggan.

8. tomat

tomat pula adalah salah satu sayuran yang bisa terkontaminasi salmonella. menurut fda, salmonella buat jalur masuk ke dalam tomat lewat retak kecil pada kulit tomat. bersihkan tomat dengan menyeluruh sebelum dikonsumsi, masak tomat akan membunuh bakteri yang sukar dibasmi layaknya salmonella.

9. tauge

umumnya, tauge terkontaminasi dengan patogen berbahaya, layaknya salmonella serta e. coli saat belum dipanen serta pada waktu penyimpanan. orang dengan sistem kekebalan yang lemah amat rentan terhadap penyakit sesudah konsumsi tauge mentah atau kurang masak.

10. buah beri

mulai bertahun-tahun, buah beri telah dikaitkan dengan ribuan penyakit. penyebab sangat umum dari penyakit berkenaan buah beri merupakan cyclospora, infeksi yang terjadi pada usus. gejala cyclospora terhitung kram perut, diare serta dehidrasi.

bersihkan hingga bersih buah stroberi atau blackberi sebelum dikonsumsi. butuh diingat, yaitu pestisida bisa menembus ke dalam buah berkulit tipis, hingga anda dianjurkan akan memilih buah beri yang organik.

No comments: