Otak lihat pria dengan utuh, namun wanita per bagian tubuh

Otak lihat pria dengan utuh, namun wanita per bagian tubuh
Otak memproses penampakan tubuh wanita berlainan dengan pria. otak cenderung lihat tubuh pria seperti bagian yang utuh, tetapi lihat tubuh wanita per bagian.

menurut penelitian yang diterbitkan european journal of social psychology, tubuh wanita semakin barangkali dipandang oleh otak seperti bagian yang terpisahkan dari pada dipandang dengan keseluruhan.

namun pada pria sebaliknya, tubuh pria cenderung dilihat dengan keseluruhan dari pada dilihat per bagian.

"setiap hari, wanita biasanya sering dipandang pada bagian tubuhnya yang sangat sensual. kecenderungan ini tidak sebatas identik dengan supermodel atau bintang porno saja, " kata peneliti, sarah gervais, psikolog di university of nebraska layaknya dilansir live science, rabu ( 25/7/2012 ).

sebanyak penelitian telah mendapatkan yaitu perasaan jadikan seperti objek bakal berakibat buruk untuk wanita. perhatian wanita terhadap bentuk tubuhnya sendiri terkait dengan rasa malu, gangguan makan serta situasi hati yang buruk.

dalam penelitiannya, gervais berfokus pada 2 type pemrosesan mental, yaitu yang berbentuk global serta lokal. pemrosesan global merupakan bagaimana otak mengenali objek dengan keseluruhan serta cenderung dipakai waktu mengenali orang.

tidak sebatas penting buat mengetahui bentuk hidung, proses ini pula berperan tahu bagaimana posisi hidung dalam kaitannya dengan mata serta mulut.

pemrosesan lokal semakin memfokuskan pada tiap bagian pada satu objek. umpamanya, sesuatu tempat tinggal dapat dikenali sebatas dengan pintunya saja atau cenderung lihat lengan seseorang tanpa mesti lihat seluruh tubuhnya.

pada kasus wanita yang sering dikira seperti objek, terjadi pemrosesan lokal dengan fokus pada bagian tubuh spesifik, umpamanya payudara.

buat mengetahuinya, gervais lakukan 2 percobaan terhadap 227 orang sarjana. tiap orang diperlihatkan foto seorang pria muda atau wanita muda yang tak bermuatan sensual sejumlah 48 buah.

sesudah lihat foto utuh dari seluruh tubuh, peserta diminta lihat foto yang bersebelahan. di salah satu sisinya merupakan foto seluruh tubuh serta sisi berikutnya semakin menekankan pada dada atau pinggang. bagian tubuh ini dipilih sebab adalah bagian tubuh yang dikira sensual. para peserta diminta pilih foto mana yang cocok dengan foto yang telah dilihat pada awalnya.

hasil penelitian tunjukkan adanya perbedaan yang mencolok pada foto pria dengan wanita. waktu lihat foto wanita, para peserta semakin dapat mengenali bagian-bagian tubuh serta mencocokkan dengan foto seluruh tubuh dari foto aslinya.

tetapi kebalikannya pada foto-foto pria, peserta semakin jeli mengenali foto pria dengan keseluruhan dari pada mengenali foto bagian-bagian tubuhnya.

"para peserta pula semakin gampang mengenali bagian tubuh wanita dari pada bagian tubuh pria. perihal ini menegaskan adanya kecenderungan pemrosesan lokal atau objektifikasi terhadap wanita. baik pria ataupun wanita keduanya sama cenderung lakukan perihal ini pada wanita, menjadi tidak sebatas menyalahkan para pria disini, " kata gervais.

No comments: