Tahukah Anda? Keringat Bisa Merusak Kulit lho.

Keringat Bisa Merusak Kulit lho
Sauna telah lama digunakan untuk membersihkan kulit. Lalu bagaimana dengan berkeringat saat olahraga? Intinya, sama-sama mengeluarkan keringat tapi efeknya ternyata beda. Berkeringat dapat menyebabkan efek sebaliknya: kulit menjadi iritasi, kemerahan, berjerawat, dan pori-pori tersumbat. Jika Anda membiarkan keringat mengering di kulit, pori-pori akan tersumbat.

"Penelitian menunjukkan bahwa gym-goers banyak yang tidak mandi setelah latihan," kata Dr Debra Jaliman, ahli dermatologi asal New York. "Jadi mereka membiarkan bakteri di tubuh mereka, juga pada kulit mereka," lanjut Dr Jaliman.

Agar aktivitas mengeluarkan keringat tetap baik buat kesehatan tubuh dan kulit, jangan malas membersihkan wajah!

Sebelum latihan
Banyak orang berolahraga dengan masih menggunakan make-up (foundation dan bedak termasuk kategori make-up!). "Anda perlu mencuci wajah sebelum mengikuti kelas olahraga atau yoga. Jika tidak, bakteri yang dikombinasikan dengan kulit mati akan menyumbat pori-pori kulit wajah Anda," tegas Dr Jaliman.

Setelah latihan
Cuci wajah Anda segera setelah Anda latihan. Lakukan ini sebelum Anda meninggalkan kelas yoga, gym, atau spinning, atau di mana pun Anda habis berkeringat. Anda tentu tidak ingin kotoran, minyak, dan cairan tubuh menempel pada kulit, mempengaruhi pH serta menyumbat pori-pori. Tidak ada wastafel atau kapas pembersih? Itu bukan alasan. Bawa selalu dalam tas Anda cleansing facial wipes buat jaga-jaga.

Cara tepat bersihkan wajah usai latihan

* Gunakan pembersih yang lembut. Tinggalkan pembersih yang mengandung natrium laureth sulfat, sebab bahan tersebut dapat mengeringkan kulit. Coba pembersih antibakteri dengan kandungan tree tea oil, cooling gel-based face wash, atau milk-based, yang di dalamnya juga mengandung chamomile atau ekstrak lavender yang menenangkan.

* Cuci dengan air hangat.  Setelah dibersihkan dengan air hangat (suam-suam kuku), akhiri dengan percikan air yang sedikit dingin (bukan dingin).Temperatur rendah dapat mendinginkan kulit, dan bisa membantu menutup pori-pori kulit pada wajah yang melebar saat mengeluarkan keringat

* Cukup ditepuk-tepuk. Saat mengeringkan wajah jangan mengelap wajah dengan handuk. Handuk bisa menyebabkan iritasi, terutama jika wajah Anda memerah saat latihan.

* Jangan terlalu mengeringkan kulit
. Cukup keringkan wajah yang sudah dibersihkan 90 persen saja. Selebihnya biarkan udara mengeringkan wajah Anda.

* Gunakan face mist atau toning spray. Setelah latihan, semprotkan ini ke wajah sebelum menuju kamar ganti. Pilih yang antimicrobial.

* Obati peradangan. "Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan teh hijau atau resveratol-based gel, serum, atau pelembab ringan untuk menenangkan peradangan," saran Dr Jaliman. Kemudian oleskan tabir surya dan make-up.

* Lakukan perawatan sebelum tidur
. Kulit normal pun bisa menjadi sensitif setelah latihan. Sebaiknya Anda tidak perlu menunggu untuk menggunakan produk kecantikan seperti super-active acne atau perawatan antipenuaan.

sumber

No comments: