Jangan Sakit Karena Makanan!

Jangan Sakit Karena Makanan!

Pernahkah anda tahu bila apa yang dimakan serta pola makan anda dapat jadi salah satu penyebab radang sendi, nyeri otot, asma serta gangguan kulit yang anda alami mulai ini ?

70 persen sel-sel kekebalan manusia ada dalam sistem pencernaan serta alami kontak langsung dengan makanan yang dimakan manusia tiap harinya.

bila sistem kekebalan itu terpicu oleh bakteri-bakteri dari makanan atau alami ketidakseimbangan hormon-hormon penting layaknya insulin selanjutnya kesemuanya bakal mengakibatkan terjadinya peradangan.

american journal of clinical nutrition melaporkan yaitu makanan layaknya gula olahan serta pati berglikemi tinggi dapat menambah peradangan yang mengakibatkan nyeri, kulit memerah serta pembengkakan. apalagi peradangan kritis adalah akar dari beraneka penyakit mematikan.

kabar gembiranya, peradangan kritis dapat dicegah serta disembuhkan seutuhnya dengan rencana pola makan yang benar.

tersebut cara yang mesti dikerjakan supaya makanan tidak buat sakit layaknya dilansir dari cnn, senin ( 23/7/2012 ) :

1. jauhi tepung serta gula

tepung terigu adalah sumber karbohidrat simpel yang dapat terurai jadi gula didalam mulut anda dengan pertolongan enzim pencernaan.

gula dalam jumlah yang tinggi pula menambah advanced glycation end-products ( age ), protein yang terikat pada molekul glukosa yang berbentuk merusak.

saat tubuh mencoba memecahkan age, sel-sel kekebalan melepas sejenis 'sinyal' terjadinya peradangan yang disebut sitokin.

kondisi ini dapat mengakibatkan radang sendi, katarak, penyakit jantung, daya ingat yang rendah atau kulit keriput.

2. jauhi makanan yang buat sensitif atau alergi

makanan yang buat anda alergi bakal mengganggu stabilitas insulin serta mengakibatkan kadar gula darah menurun, keduanya bakal mengakibatkan peradangan yang semakin hebat.

tingginya kadar insulin pula menambah hormon stres atau kortisol anda hingga buat tubuh anda menahan lemak semakin lama.

alergi makanan pula menyebabkan mast cell ( salah satu type sel darah putih yang bertugas akan memberi peringatan pada tubuh waktu terjadi cedera atau infeksi ) untuk melepas histamin yang mengakibatkan kulit memerah serta membengkak akibat peradangan.

oleh sebab itu anda mesti mengindividualisasi rencana pola makan anda buat menghindari makanan yang anda anggap sensitif.

makanan yang kerapkali dikira seperti pemicu alergi salah satunya gandum, gluten, jagung, susu, gula serta kentang.

3. mengonsumsi makanan yang berwarna-warni

lobak merah, ubi jalar jingga, kubis ungu serta sayuran hijau kaya bakal vitamin c serta antioksidan lain yang dapat mengurangi kondisi peradangan.

oleh sebab itu, fokuskan pilihan makanan anda pada sayuran layaknya brokoli, kembang kol, kubis brussel serta kangkung yang sarat dengan indole 3 carbonol ( i3c ). sulfur yang dikandung kelompok sayuran ini pula menolong mendetoks hati.

lagipula, sesuatu studi dalam journal of nutrition tunjukkan yaitu makan beraneka type buah beri tiap hari bisa mengurangi peradangan dengan signifikan.

4. mencari makanan sumber protein tinggi

kacang-kacangan, ayam serta kalkun adalah sumber lean protein yang luar biasa.

daging merah amat tak disarankan akan memenuhi target ini. an pan serta tim risetnya di harvard school of public health merilis sesuatu studi pada bln. maret 2012 yang tunjukkan yaitu mengonsumsi daging merah bisa dikaitkan dengan tingginya risiko kematian dini.

tak hanya mengandung garam, daging merah pula mengandung asam arakidonat tinggi yang bakal makin menambah peradangan. sumber makanan lean protein lain yang dapat dipertimbangkan merupakan telur serta produk susu.

5. manfaatkan minyak sehat buat memasak

jauhi makanan yang mengandung lemak trans yang telah dihaluskan, minyak omega 6 ( minyak kedelai, jagung, biji kapas ) serta manfaatkan minyak zaitun akan memasak.

minyak zaitun adalah sumber asam oleik yang luar biasa sebab sifat anti-peradangannya.

tim peneliti dari spanyol melaporkan dalam journal of the american college of nutrition yaitu orang-orang yang konsumsi semakin banyak asam oleik mempunyai manfaat insulin yang semakin baik serta kadar gula semakin rendah.

alternatifnya, hewan ternak yang diberi makan rumput, biji rami, biji chia, ikan salmon liar ( tak dibudidayakan ), ikan herring, sarden serta makarel yang pula berbentuk anti-peradangan.

No comments: