Vitamin D sangat penting bagi wanita hamil

Selama masa kehamilan, para calon ibu diwajibkan mendapatkan asupan yang cukup. Salah satunya vitamin D yang berguna agar tulang bayi yang dilahirkan menjadi kuat.
Namun, sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan fakta lain akibat kekurangan vitamin D. Anak-anak berisiko cenderung menjadi lebih gemuk jika ibunya memiliki jumlah vitamin D rendah selama masa kehamilan.

"Dalam konteks keprihatinan saat ini mengenai status vitamin D rendah pada wanita muda dan peningkatan angka obesitas di Inggris, kita perlu memahami lebih lanjut tentang konsekuensi jangka panjang kesehatan bagi anak yang dilahirkan dari ibu memiliki tingkat vitamin D rendah," papar peneliti Dr Sian Robinson kepada Foxnews (25/5).

Para peneliti dari University of Southampton mempelajari hampir 1.000 wanita hamil dan menemukan wanita dengan tingkat vitamin D rendah berisiko melahirkan anak yang memiliki lebih banyak lemak tubuh di usia 6 tahun.

Temuan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini belum mengetahui secara pasti bagaimana hal ini bisa terjadi, tetapi peneliti menyakini hal ini terjadi karena adanya 'efek yang diprogram' dalam janin yang timbul dari kurangnya vitamin D dan akhirnya memengaruhi jumlah lemak pada anak nantinya.

National Institute of Health mengatakan semua orang bisa meningkatkan jumlah vitamin D dari makanan, seperti susu, salmon, kuning telur, serta melalui paparan sinar matahari dan suplemen makanan.

sumber

No comments: